Head 2 Head Dua Ponsel Android Quad-core Dibawah 2 Jutaan – Smartfren Andromax U3 VS Lenovo A706

Mimin Hobiku
By -
0
Smartfren Andomax U3 VS Lenovo A706
Pertarungan ponsel Android di kelas entry-level dan mid-level kini semakin memanas, karena harga bersaing bersamaan dengan spesifikasi yang lebih mumpuni. Smartfren Andromax U3 dan Lenovo A706 adalah contohnya, keduanya memiliki spesifikasi yang hampir sama dan dibanderol dibawah 2 juta rupiah. Perbedaan yang cukup signifikan dari keduanya yaitu dari jaringan yang dicovernya, Smartfren Andromax U3 berada di jaringan CDMA (meskipun slot SIM keduanya jaringan GSM) sedangkan untuk Lenovo A706 berada di jaringan GSM.

Meskipun keduanya dibanderol dengan harga yang murah, bukan berarti spesifikasinya dibawah rata-rata. Keduanya ingin memberikan pengalaman lebih bagi penggunanya terhadap performa yang oke dan hampir setara dengan ponsel ponsel diatas 2 jutaan. Bagaimana dengan spesifikasi kedua ponsel tersebut? Berikut ulasannya.

Bodi dan desain
Dilihat secara seksama, keduanya memiliki ukuran yang hampir tidak jauh berbeda. Namun dari segi desain terlihat perbedaan yang signifikan. Smartfren Andromax U3 memiliki desain persegi panjang dengan setiap sudutnya memiliki lekukan-lekukan yang tegas. Jangan lupakan dengan ketebalan ponsel ini, hanya berukuran 7.2 mm saja dan bobotnya pun ringan yakni 99 g. Penggunaan dengan satu tangan pun lebih mudah dan tentu saja ringan.

Sedangkan untuk Lenovo A706, bentuknya memanjang dengan sudut-sudut yang membulat. Sudah menjadi ciri khas dari Lenovo seri-A yang memiliki bentuk dengan desain sudutnya yang membulat, tentunya memudahkan Anda disaat menggenggam. Memiliki ketebalan 10.4 mm dan bobot 130 g rasanya tidak terlalu tebal dan berat, cukup nyaman untuk digunakan.

Layar
Keduanya sudah menggunakan jenis layar IPS LCD capacitive touchscreen 16 juta warna yang mampu menghasilkan tampilan lebih jernih dan bercahaya, serta sudut pandang yang lebih jelas hingga 178 derajat. Namun yang berbeda dari Smartfren Andromax U3 adalah adanya teknologi OGS (One Glass Solution) yang mampu memberikan responsif lebih baik saat Anda menggulirkan layar.

Smartfren Andromax U3 sendiri memiliki ukuran layar cukup besar, yaitu 4.7 inch dengan resolusi qHD 540 x 960 piksel, bezel pinggirannya pun tipis sehingga tampilannya terlihat lebih menyeluruh. Resolusi yang cukup padat tersebut mampu memberikan tampilan yang gegas dan tajam, hasil pewarnaannya pun terlihat natural.

Untuk Lenovo A706 sendiri memiliki layar sebesar 4.5 inch dengan resolusi FWVGA 480 x 854 piksel, memang masih rendah jika dibandingkan dengan milik Smartfren Andromax U3, namun tentunya menyesuaikan dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar.

Performa
Untuk membandingkan performa keduanya, tidak aka nada perbedaan yang signifikan. Keduanya sama-sama menggunakan processor Qualcomm Snapdragon MSM8225Q Quad-core dengan clockspeed sebesar 1.2 GHz, dipadukan juga dengan pengolah grafis Adreno 203 dan RAM sebesar 1 GB. Dengan spesifikasi yang diusung tersebut, keduanya mampu memberikan performa yang baik saat Anda memainkan games HD semacam Modern Combat 4. Keduanya pun bisa melakukan multitasking dengan baik. Kedua ponsel ini sama-sama menggunakan sistem operasi Android Jelly Bean 4.1.

Kamera
Pada sektor kamera, terdapat perbedaan yang cukup mencolok diantara keduanya. Smartfren Andromax U3 memiliki kamera utama dengan resolusi 8 MP autofocus, disampingnya terdapat juga LED flash. Sedangkan untuk kamera sekundernya memiliki resolusi 2 MP yang diletakkan di sudut kiri atas layar. Dengan resolusi tersebut, Anda bisa melakukan selfie dengan kualitas yang cukup baik, asalkan berada di tempat yang cukup cahaya.

Sedangkan pada Lenovo A706, kamera utamanya cukup memiliki resolusi 5 MP autofocus, namun tentunya dibekali LED flash untuk penerangan di tempat yang kurang cahaya. Dan untuk kamera sekundernya memiliki resolusi VGA. Bisa untuk melakukan selfie, meskipun hasilnya akan lebih banyak noise yang mengganggu.

Konektivitas dan fitur lain
Untuk dapat berinternetan, Smartfren Andromax U3 menggunakan jaringan CDMA memiliki konektivitas EVDO Rev. A 3.1 Mbps pada slot SIM 1-nya. Sedangkan untuk SIM 2, Anda bisa menggunakan SIM card GSM. Namun koneksinya hanya sebatas hingga EDGE saja. Nah, untuk Lenovo A706 sendiri menggunakan jaringan GSM dengan konektivitas HSDPA hingga 7.2 Mbps untuk slot SIM 1-nya, sedangkan SIM 2 cukup sampai EDGE saja.

Fitur lain yang bisa didapatkan dari keduanya diantaranya Wi-Fi, Wi-Fi Hotspot, Bluetooth v3.0, port microUSB v2.0, A-GPS, FM Radio, dll.

Kapasitas penyimpanan dan baterai
Anda tidak perlu khawatir mengenai kapasitas penyimpanan yang ditawarkan oleh keduanya, karena untuk memori internalnya sama-sama diberikan kapasitas sebesar 4 GB. Jika merasa kekurangan, Anda bisa juga memanfaatkan slot microSD card yang bisa digunakan hingga batas maksimal 32 GB.

Nah, untuk kapasitas baterainya terdapat perbedaan yang cukup tipis. Smartfren Andromax U3 yang menggunakan jenis baterai Lithium-Ion, memiliki kapasitas sebesar 1800mAh. Sedangkan untuk  Lenovo A706 sedikit lebih besar dari Smartfren Andromax U3, yakni 2000mAh. Dan juga jenis baterainya lebih baru, yaitu menggunakan baterai Lithium-Ion Polymer.

Kesimpulan
Secara keseluruhan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tetapi kedua ponsel Android tersebut mampu memberikan performa yang oke disaat penggunanya menggunakan kedua ponsel tersebut. Keduanya memiliki banderol yang cukup murah, untuk Smartfren Andromax U3 kini dibanderol Rp 1.499.000,- saja. Sedangkan untuk Lenovo A706 dibanderol Rp 1.700.000,-.

Anda juga bisa melihat video comparison kedua ponsel tersebut dibawah ini.


 
Video dari Sobat HAPE


Video dari Teknoup
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)