Cara Merawat Laptop Seperti Kekasih Sendiri

Mimin Hobiku
By -
0
Cara merawat laptop yang baik dan benar tidak selalu susah kok.

Ibarat seorang kekasih, laptop menjadi salah satu barang yang harus diperhatikan perawatannya. Merawat laptop dengan baik tidak susah kok, asalkan kitanya saja yang rajin. Sama seperti kekasih, kalau sering dirawat, ya pasti semakin bening.

Banyak sekali cara merawat laptop yang bisa kamu aplikasikan, terlebih lagi saat ini peralatannya sangat mudah untuk kamu dapatkan. Meskipun menggunakan sikat gigi bekas pun, kamu tetap bisa membersihkan laptop kamu dari debu-debu nakal. Nah, mungkin 3 tips di bawah ini bisa menjadi referensi buat kamu agar laptop tetap awet.

1. Amankan dari segala macam kotoran
Selalu bersihkan debu-debu yang menempel di layar dan keyboard laptop.

Debu adalah salah satu kotoran yang paling nakal dan bikin pusing. Setiap hari, pasti selalu saja ada debu yang menempel di laptop kita. Kalau begini jadinya, ada baiknya kamu menyiapkan lap dan kuas/sikat gigi agar bisa selalu membersihkan laptop hingga ke sela-sela keyboard.

Kamu juga bisa memanfaatkan sticky note untuk mengangkat debu yang bersembunyi dibalik tuts keyboard. Lipat dan masukkan sticky note yang ada lemnya, lalu geser-geser. Seketika, debu pun akan menempel pada sticky note tersebut.

2. Tunggu dingin terlebih dahulu
Jangan sampai laptop masih panas tapi sudah dimasukkan ke dalam tas.

Nah, anak kampus nih biasanya kalau habis presentasi atau mengunduh 'sesuatu' biasanya setelah selesai akan langsung dimasukkan begitu saja ke dalam tas. Ada baiknya kamu tunggu dahulu hingga sedikit dingin suhu laptopnya. Pengaruhnya cukup fatal, karena hawa panasnya akan tertahan di dalam tas tersebut.

Ya...mending sambil ngopi-ngopi atau ngobrol saja sembari menunggu laptop kamu agak mendingan suhunya.

3. Hindari kebiasaan standby
Meninggalkan/membawa laptop dalam keadaan standby mempengaruhi performanya lho.

Standby yang dimaksud berarti dua lho. Yang pertama, laptop dibiarkan begitu saja tidak digunakan namun tetap dalam keadaan menyala. Selain menguras baterai, daya tahan juga menjadi faktor utama mengalami penurunan performa. Selain itu, listrik juga jebol dong, apalagi kalau kamu hubungkan ke subwoofer sambil nyanyi-nyanyi gak jelas.

Standby yang kedua yaitu saat kamu akan pergi, laptop dimatikan dalam posisi standby, dimaksudkan agar nanti pas sampai bisa langsung wake up cepat. Nah, ini nih...bisa-bisa harddisk laptop kamu cepat rusak. Lebih baik kamu matikan saja atau dalam keadaan sleep, sehingga tidak ada komponen yang sedang berjalan saat sedang dibawa bepergian.

Perawatan laptop yang baik tidak menyulitkan bukan? Asalkan kamu rajin untuk merawat laptop kamu, dipastikan laptop kamu akan panjang umur. Cara laptop beroperasi tentunya sesuai dengan prosedur yang ada di manual book, jadi sebaiknya kamu baca lagi deh manual book yang ada di bungkus laptop kamu. Jangan sampai laptop jadi cepat rusak gara-gara kesalahan sendiri.
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)