Cara Melihat Password WiFi Beserta Pencurinya

Mimin Hobiku
By -
0
Password adalah salah satu langkah mengamankan jaringan WiFi kamu.

Cukup rumit memang judulnya, namun cukup banyak juga yang mencari cara melihat password WiFi hingga mengetahui siapa yang mencuri WiFi kita tanpa sepengetahuan. Jadi, pada artikel ini saya akan membahas langsung dua pembahasan dalam satu artikel.

Mungkin secara tidak sadar banyak yang mengetahui password WiFi yang saat ini kamu gunakan, baik itu dari router maupun tethering smartphone kamu. Nah, sekarang mari kita bahas terlebih dahulu cara melihat password WiFi yang kita miliki maupun yang pernah digunakan.

Mengetahui Password WiFi
Untuk mengetahui password WiFi yang sedang digunakan terdapat 2 cara yang bisa kita lakukan, yakni menggunakan PC/laptop dan smartphone. Namun yang akan saya bahas saat ini yaitu menggunakan PC/laptop, kamu bisa mencoba dengan menggunakan software bernama AirCrack. Tahapan penggunaannya terbilang cukup mudah:

  1. Setelah mengunduh software tersebut, silahkan ekstrak di lokasi yang kamu inginkan
  2. Nyalakan fitur WiFi pada PC/laptop, lalu silahkan pilih jaringan WiFi yang dikehendaki
  3. Buka folder dengan nama aircrack-ng-1.0-rc1-win, lalu buka folder bin, double click pada program bernama wzcook. Tunggulah selama proses pelacakan password WiFi tersebut
  4. Jika muncul pesan "key has been stored in c:/wpkey.text. press ctrl-c" silakan kamu salin dengan menekan kombinasi Ctrl+C
  5. Buka drive C: lalu cari sebuah file bernama "wpkey.text", disana kamu bisa menemukan password yang ingin kamu ketahui.
  6. Terakhir, coba kamu masukan password WiFi yang sudah dilacak tersebut.

Jika langkah ini berhasil, selamat! Akhirnya kamu bisa melihat password WiFi tanpa sepengetahuan pemiliknya.


Mengetahui Pencuri WiFi
Cara melihat password WiFi yang dicuri menggunakan Android.

Nah, sekarang mari kita gunakan perangkat Android yang kamu miliki untuk mengetahui siapa pencuri WiFi yang mengganggu kehidupan ber-Internet kamu. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu saat ini sedang terhubung ke jaringan WiFi yang ingin kamu monitor, setelah itu barulah kamu coba unduh aplikasi Fing - Network Tools.

Saat pertama kali membuka aplikasi tersebut, pada tampilan home-nya kamu akan melihat list siapa saja yang telah masuk ke jaringan Wi-Fi tersebut. Pada aplikasi ini juga kamu bisa mengirim pings atau Wake on LAN signals, dan juga bisa melihat log ketika perangkat connect dan disconnect dari jaringan tersebut.

Jika kamu melihat ada sebuah perangkat mencurigakan yang terhubung dengan WiFi kamu, bisa kok dimusnahkan selamanya. Aplikasi Fing ini akan menunjukkan MAC address setiap perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi tersebut. Coba ikuti langkah-langkah berikut ini:


  1. Catat terlebih dahulu MAC address perangkat yang akan kamu blok
  2. Buka browser, lalu masuklah ke router IP WiFi kamu
  3. Cari Security options (setiap router memiliki lokasi yang bervariasi, ada juga yang berada di Advanced Settings jika kamu tidak menemukannya)
  4. Klik MAC Filtering, lalu Add Device
  5. Masukkan MAC address yang ingin kamu blokir tadi, beri nama agar kamu tahu (misal: si kampret), lalu klik Apply, Save atau OK.

Dengan begini, kamu akan terbebas dari maling WiFi yang kadang meresahkan perjalanan kamu di dunia maya. Namun untuk lebih baiknya, kamu bisa mengganti lagi password WiFi yang lebih unik agar sulit diketahui oleh banyak orang.

Nah, setelah mengetahui password WiFi beserta memblokir pencurinya, sekarang kamu bisa bernafas lega dong tidak ada lagi yang akan mengganggu kemesraan kamu, WiFi, dan Internet.
Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)